Cara Menghilangkan Tato Permanen Secara Alami Dan Medis Terbukti Ampuh

Seiring berkembangnya zaman, tato yang dahulu diidentikan dengan “keseraman” atau “lambang kejahatan” sekarang malah dianggap sebagai karya seni yang mengekspresikan kepribadian seseorang. Bukan hanya berandalan dan preman saja yang menggunakan tato, ada banyak kalangan masyarakat biasa, artis, bahkan orang-orang kaya yang memasang tato di tubuhnya dengan dalih agar terlihat lebih keren.

Cara Menghilangkan Tato Permanen Secara Alami Dan Medis Terbukti Ampuh

Namun bagaimana jadinya bila kita sudah memasang tato namun lama-kelamaan jadi bosan? Atau mungkin karena tuntutan pekerjaan yang melarang penggunaan tato? Ya kalau sudah begitu tentu kita harus menghapusnya. Tapi sayangnya, menghapus tato bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi jika tato itu bersifat permanen, sama saja anda telah mengukir tinta di lapisan bawah kulit dan hal tersebut sebenarnya berbahaya. Bahkan untuk menghapus tato butuh biaya mahal dan prosesnya juga menyakitkan.

Cara Menghilangkan Tato Secara Permanen

Kata tato berasal dari kata Tahiti atau Tatu, yang berarti “tanda”. Tato adalah gambaran yang dibuat pada kulit manusia dengan tinta tertentu dimasukkan ke dalam lapisan kulit melalui jarum khusus. Berdasarkan proses pembuatannya, tato dibagi menjadi dua yakni tato permanen dan tato yang bersifat sementara.

Menghilangkan tato permanen umumnya dilakukan dengan teknik medis, yang meliputi:

1. Teknik pembedahan/ pegangkatan jaringan kulit

cara menghilangkan tato dengan operasi

Teknik menghilangkan tato permanen ini dilakukan dengan cara mengangkat atau meyayat area kulit yang bertato dengan alat-alat bedah. Setelah lapisan kulit yang tertato diambil, kulit akan dijahit kembali. Kemudian dioleskan salep antibakteri untuk mencegah infeksi dan agar proses penyembuhan berlangsung lebih cepat.

Metode ini cukup menyakitkan, biasanya si pelaku disuntik bius lokal terlebih dahulu untuk mematikan rasa sakit. Selain itu, teknik pembedahan juga meninggalkan bekas jahitan. Oleh karena itu, tidak cocok digunakan untuk menghapus tato yang ukurannya terlalu lebar.

2. Dermabrasi

Hampir sama dengan metode di atas, namun teknik dermabrasi tidak menggunakan alat-alat bedah. Melainkan dengan sikat abrasive yang berputar dengan kecepatan tinggi (fungsinya sama dengan amplas).

Pada metode ini, pertama pasien dibius lokal disekitar kulit bertato untuk mematikan rasa sakit. Kemudian, area kulit yang bertato diamplas dengan sikat abrasive hingga warna-warna tato memudar. Cara ini kurang digemari sebab hasilnya juga kurang optimal.

3. Teknik laser

Proses menghilangkan tato dengan laser dilakukan dengan penyinaran berintensitas tinggi. Pertama, pasien diberikan bius lokal agar kulit menjadi mati rasa. Kemudian, kulit disinari dengan alat laser hingga menjadi panas dan tato akan rusak dengan sendirinya. Setelah itu, kulit akan diolesi dengan salep antibakteri. Efek samping dari metode ini menimbulkan pembengkakan kulit, pendarahan, hingga melepuh.

Pada teknik ini, laser yang digunakan untuk menghapus tato berbeda-berbeda tergantung warna tatonya. Selain itu, untuk menghilangkan tato secara optimal anda membutuhkan perawatan berkali-kali, sekitar 4-10 kali.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri Yang Sederhana

Setelah mengetahui teknik-teknik medis menghilangkan tato permanen, sekarang kita akan membahas cara menghilangkan tato secara alami.  Metode menghapus tato dengan cara alami memang tidak instan, dan membutuhkan waktu cukup lama. Bergantung pada ukuran tato dan warna tintanya. Nah, berikut ini beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan tato secara permanen:

4. Madu

cara menghilangkan tato dengan madu

Menghilangkan tato dengan madu cukup mudah, caranya siapkan madu secukupnya di dalam mangkuk. Kemudian oleskan madu pada area kulit yang bertato. Diamkan selama 5 jam. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan metode ini secara teratur setiap hari sehingga tinta tato bisa memudar dengan cepat.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya menghilangkan tato. Cara penggunaanya, anda tinggal mengoleskan minyak zaitu pada kulit yang bertato secara merata. Lakukan metode ini secara rutin, setiap malam sebelum tidur. Bila anda tidak mempunyai minyak zaitun, anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai alternatif menghilangkan tato tersebut.

6. Lemon

Lemon dapat dimanfaat untuk menghilangkan tato secara permanen, caranya cukup mudah. Pertama, peras lemon hingga diperoleh sarinya. Oleskan sari lemon pada kulit yang bertato. Lakukan metode ini secara rutin, setiap malam sebelum tidur sehingga bisa diperoleh hasil lebih optimal.

Bahaya Menggunakan Tato Pada Kulit

Sebelum anda memasang tato di kulit, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu dampaknya terhadap kesehatan. Tato memang bisa membuat kulitmu terlihat lebih unik, tapi risikonya jauh lebih membahayakan.  Berikut beberapa bahaya dari tato:

1. Memberikan sensasi panas dan terbakar

Menggunakan tato bukan berarti tanpa risiko. Kulit yang digambari tato biasanya cenderung terasa panas, bahkan terbakar. Biasanya dampak ini dirasakan oleh orang yang memakai tato berwarna hitam dan merah, sebab di dalam tintanya terkandung besi oksida. Yang lebih berbahaya bila infeksi maka memicu pembengkakan.

2. Alergi

cara menghilangkan tato alergi tato

Tidak semua orang cocok menggunakan tato. Tinta atau pigmen tato mengandung bahan kimia yang bisa memicu reaksi alergi, terutama pada kulit sensitif. Biasanya alergi akibat tato ditandai dnegan munculnya ruam-ruam merah di area kulit sekitar tato.

Baca Juga: Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah dan Menyehatkan Kulit

3. Infeksi kulit

Bila kulitmu tidak bisa menerima reaksi tinta tato, kemungkinan akan terjadi alergi bahkan pada tahap lebih serius memicu infeksi. Jika hal ini terjadi, jangan disepelekan. Segera periksakan diri ke dokter. Karena infeksi kulit yang dibiarkan, lama-kelamaan bisa menyebabkan pembusukan dan tumor.

4. HIV/ AIDS

Yang lebih seram lagi, gimana jadinya bila tita yang digunakan untuk membuat tato anda adalah tinta yang telah terinfeksi virus HIV? Tentu saja, dampaknya anda akan tertular penyakit HIV/AIDS. Tidak hanya itu, tinta yang tidak higenis juga bisa membawa virus-virus penyakit lainnya.

Itulah beberapa bahaya tato untuk kesehatan dan cara-cara menghilangkan tato secara permanen. Ingat, jika anda berniat memutuskan menghapus tato, jangan dilakukan di tempat sembarangan ataupun secara sendirian. Di samping itu, juga jangan menggunakan krim atau cairan kimia tertentu karena hal ini sangat berbahaya. Lebih aman jika anda pergi ke dokter dermatologis dan berkonsultasi secara langsung.

Pencarian Masuk:

cara menghilangkan tato
cara menghilangkan tato permanen
cara menghilangkan tatto
cara menghapus tato
cara menghapus tato permanen
cara menghilangkan tato secara alami
cara menghapus tatto
cara menghilangkan tato permanen tanpa rasa sakit
cara hapus tato
cara menghilang kan tato

Komentar